HOSICO si kucing photogenic

HOSICO si kucing photogenic
Hosico memiliki tingkah yang sangat menggemaskan. walaupun memiliki tubuh yang gemuk, kucing ini kerap kali terlihat penasaran dengan kotak-kotak, jadi setiap kali dia melihat kotak, dia akan berusaha untuk memasukinya.

Nama saya Risma Dwiyanti. Saya salah satu mahasiswa Psikologi di Universitas Sumatra Utara

Jumat, 25 November 2016

Ini Alasan Kenapa Hewan Peliharaan Membuat Seseorang Lebih Bahagia

Kebahagiaan apa yang bisa diberikan oleh seekor anjing, kucing, hamster, atau bahkan burung kesayangan? Bagaimana kebahagiaan bisa datang dari seekor ‘teman berbulu’?


Manusia membutuhkan relasi, sama seperti manusia membutuhkan makan, uang, dan kebutuhan fisik lain. Riset yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Pyschology menunjukkan, kebutuhan manusia akan relasi tidak hanya mampu dipenuhi oleh manusia lain, tetapi juga mampu dipenuhi oleh hewan! Riset juga menyatakan, memiliki hewan peliharaan bisa memenuhi kebutuhan akan kesehatan psikis, sosial, emosional, bahkan juga fisik.
McConnel’s Group melakukan survei terhadap 217 orang, untuk mengetahui perbedaan taraf kesejahteraan dan kesehatan antara seseorang yang memiliki hewan peliharaan dan yang tidak.. Temuannya, seseorang yang memiliki hewan peliharaan cenderung lebih bahagia, sehat, dan berumur panjang. Bagaimana bisa seperti itu?
Hewan peliharaan menawarkan hubungan yang berkualitas
Bukan hanya sekadar hubungan yang biasa-biasa saja, hewan peliharaan bahkan menawarkan sebuah hubungan tanpa syarat. Hewan peliharaan tidak peduli apa pekerjaanmu, tampangmu seperti apa, atau bahkan berapa banyak uang yang kamu hasilkan. Mereka hanya peduli beberapa hal: kehadiranmu, sentuhanmu, dan perhatianmu. Itu saja!
The American Association of Human-Animal Bond Veerinarians menjelaskan bahwa ikatan yang diperoleh seseorang dengan hewan peliharaannya bersifat saling menguntungkan. Menyentuh, memeluk, mencium – segala bentuk kontak fisik yang dilakukan dengan hewan-hewan peliharaan adalah sebuah bentuk tindakan spiritual.
3 Kebutuhan yang dipenuhi oleh hewan peliharaan: emosional, fisik, dan kesehatan
Dalam sebuah hubungan dengan hewan peliharaannya, seseorang akan mendapatkan manfaat dalam tiga skala kebutuhan: emosional, fisik, dan kesehatan. Secara emosional, kebutuhan akan kebersamaan tercukupi. Hewan peliharaan, terutama anjing, terkenal sangat setia. Kesetiaannya bahkan melebihi manusia. Sifat setia anjing ini sudah didokumentasikan dalam film terkenal, Hachiko, yang diangkat dari kisah nyata.
Secara fisik, hewan peliharaan bisa membuat pemiliknya merasa aman, dengan memberikan perlindungan. Kucing akan memburu tikus-tikus yang berkeliaran di rumah, sementara anjing menjaga seluruh anggota rumah dari ancaman pencuri atau bahaya lainnya. Seseorang pernah mengunggah sebuah video di Youtube, tentang anak kecil yang tanpa sengaja bermain hingga ke tengah jalan. Bukan orangtuanya yang berusaha menyeret anak itu untuk kembali ke tepi, tapi si anjing! Dengan kepalanya, anjing itu mendorong anak kecil hingga menjauh dari tengah jalan demi keselamatan si anak.
Dari segi kesehatan, memiliki hewan peliharaan bermanfaat mengurangi stres dan kesepian. Inilah alasan mengapa beberapa peneliti menganjurkan seseorang yang mengidap penyakit berat untuk memiliki hewan peliharaan.
Nah, terlepas dari semua manfaat baik secara emosional, fisik, ataupun kesehatan, hewan mengajarkan manusia tentang sebuah praktik kesetiaan tanpa syarat. Bukankah itu hal yang paling membahagiakan?

0 komentar:

Posting Komentar